SEKOLAH RINTISAN KATEGORI MANDIRI

|


Mulai tahun 2007, Direktorat Pembinaan SMA Jakarta melakukan pembinaan terhadap 441 sekolah di Indonesia dengan Program Rintisan Sekolah Kategori Mandiri. Program ini merupakan satu langkah dalam upaya meningkatkan sekolah, terutama di SMA agar mampu mencapai level Standar Nasional Pendidikan.

Program rintisan dimaksudkan agar sekolah-sekolah yang hampir mencapai SNP atau yang telah mencapai SNP dapat mempersiapkan diri mencapai sekolah kategori mandiri pada tahun 2009. Dalam pelaksanaannya nanti, Sekolah Kategori Mandiri harus melaksanakan pembelajarannya dengan sistem SKS ( Satuan Kredit Semester ) dan melaksanakan MBS secara profesional

Masih banyak kendala dalam persiapan SKM yang dilaksanakan melalui program rintisan SKM, beberapa sekolah secara administratif belum siap apalagi jika dilihat dari sarana prasarana pendukung yang harus disiapkan. Hal lain yang perlu disiapkan dengan matang bagaimana struktur kurikulum yang dipakai, kesiapan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang tersedia serta yang paling penting sikap mental penyelenggara pendidikan untuk tidak pantang menyerah dan memiliki visi kedepan untuk memajukan pendidikan.

Mungkin yang harus dibenahi sekarang adalah bagaimana menyiapkan diri untuk tidak mengeluh, melihat kedepan dengan kebulatan tekat, memandang perubahan sebagai bagian untuk memperbaiki diri dan tetap menjaga semangat untuk terus berkembang.

Keberhasilan Program Rintisan Sekolah Kategori Mandiri tergantung kepada Kita.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 tik`03 | Template Blue by TNB